Fast Blinking Hello Kitty Cahaya Sains: LEMBAR KERJA MAHASISWA UJI ELASTISITAS SPAGETI

Senin, 12 Mei 2014

LEMBAR KERJA MAHASISWA UJI ELASTISITAS SPAGETI



LEMBAR KERJA MAHASISWA
UJI ELASTISITAS SPAGETI

A.    Tujuan Percobaan :
Mengidentifikasi pengaruh lama proses idle antara pengolahan penyajian terhadap elastisitas spageti.

B.     Kajian Teori :
Elastisitas adalah kemampuan suatu bahan untuk dapat mengembalikan keadaan awalnya, segera setelah gaya yang diberikan pada benda dihilangkan. Benda elastis adalah benda yang dapat kembali ke bentuk awal, setelah gaya yang diberikan pada benda dihilangkan. Contoh benda elastis: karet, pegas, baja, kayu. Ketika kamu menarik karet mainan sampai batas tertentu, karet tersebut bertambah panjang. Jika tarikanmu dilepaskan, maka karet akan kembali ke panjang semula. Demikian juga ketika dirimu merentangkan pegas, pegas tersebut akan bertambah panjang. tetapi ketika dilepaskan, panjang pegas akan kembali seperti semula. Apabila di laboratorium sekolah anda terdapat pegas, silahkan melakukan pembuktian ini. Regangkan pegas tersebut dan ketika dilepaskan maka panjang pegas akan kembali seperti semula. Hal itu disebabkan karena benda-benda tersebut memiliki sifat elastis. Elastis atau elastsisitas adalah kemampuan sebuah benda untuk kembali ke bentuk awalnya ketika gaya luar yang diberikan pada benda tersebut dihilangkan. Jika sebuah gaya diberikan pada sebuah benda yang elastis, maka bentuk benda tersebut berubah.
Untuk pegas dan karet, yang dimaksudkan dengan perubahan bentuk adalah pertambahan panjang. Gaya yang diberikan juga memiliki batas-batas tertentu. Sebuah karet bisa putus jika gaya tarik yang diberikan sangat besar, melawati batas elastisitasnya. Demikian juga sebuah pegas tidak akan kembali ke bentuk semula jika diregangkan dengan gaya yang sangat besar. Jadi benda-benda elastis tersebut memiliki batas elastisitas.
Regangan (strain) adalah perbandingan antara pertambahan panjang L terhadap panjang mula-mula (Lo). Regangan dinotasikan dengan ‘e’ dan tidak mempunyai satuan. Dirumuskan sebagai berikut :
e = ∆L/L0
C.    Alat dan Bahan :
Alat :

1.    Gelas beker        (1 buah)
2.    Kompor  listrik   (1 buah)
3.    Panci                  (1 buah)
4.    Stopwatch       (1 buah)
5.    Mistar              (1 buah)

Bahan :
1.    Spageti                        (3 buah)
2.    Air                   (300 ml)

D.    Langkah Kerja:
1.      Merakit peralatan sesuai dengan gambar pada rancangan percobaan.
2.      Mendidihkan 300 ml dalam panci.
3.      Memasukkan spageti 1, 2, dan 3 ke dalam panci berisi air mendidih untuk direbus selama 8 menit secara bersamaan.
4.      Meniriskan ketiga spageti dengan lama idle yang berbeda: spageti 1 dengan waktu 3 menit, spageti 2 dengan waktu 6  menit, dan spageti 3 dengan waktu 9 menit.
5.      Setelah ditiriskan selama 3 menit, spageti 1 diangkat dan diukur panjang awalnya dengan menggunakan mistar.
6.      Menarik spageti tersebut hingga tepat akan putus, setelah itu mengukur panjang akhirnya dan menghitung pertambahan panjang spageti.
7.      Mengulangi langkah tersebut untuk spageti 2 dan spageti 3.
8.      Menghitung regangan tiap spageti dan mencatat hasilnya ke dalam tabel hasil pengamatan.




E.     Tabel Hasil Pengamatan :
No
Nama spageti
Lama proses idle antara pengolahan dan penyajian (menit)
Panjang awal
(Lo ± 0,1) cm

Panjang akhir
(Lt ± 0,1) cm
Pertambahan panjang
(∆L ± 0,1) cm

Regangan
1.
Spageti 1





2.
Spageti 2





3.
Spageti 3






Tidak ada komentar:

Posting Komentar